Posted on

KUTIPAN DAN DAFTAR PUSTAKA

Kutipan dan Daftar Pustaka

A. Kutipan

  • Pengertian

Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang ahli. Pendapat itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.

  • Prinsip Mengutip

-  Jangan mengadakan perubahan.

-  Bila dalam teks asli ada kejanggalan ataukesalahan cetak, penulis dapat membuat catatansingkat dalam tanda [sic!] disisipkan di belakangkata yang salah cetak itu.

-  Bila penulis terpaksa harus membuat perubahanatau tambahan, maka kata-kata tambahan ituharus dicetak lain -tebal, miring atau renggang -dan diberi catatan kaki yang menyatakan bahwahuruf yang dicetak lain itu adalah dari penulis,bukan teks asli.

-  Bila ingin menghilangkan bagian-bagiantertentu, harus diberi tanda titik-titikberspasi dalam tanda [….].

-  Harus dijelaskan sumber asalnya denganformat-format tertentu, antara lain dengancara memberi nomor dan catatan kaki.

  • Jenis Kutipan

a. Kutipan langsung:
Kutipan Langsung ialah kutipan yang sama persis dengan teks aslinya,tidak boleh ada perubahan.Kalau ada hal yang dinilai salah/meragukan,kita beri tanda ( sic! ),yang artinya kita sekedar mengutip sesuai dengan aslinya dan tidak bertanggung jawab atas kesalahan itu.Demikian juga kalau kita menyesuaikan ejaan,memberi huruf kapital,garis bawah,atau huruf miring,kita perlu menjelaskan hal tersebut, missal [ huruf miring dari pengutip ],[ ejaan disesuaikan dengan EYD ],dll. Bila dalam kutipan terdapat huruf atau kata yang salah lalu dibetulkan oleh pengutip,harus digunakan huruf siku [ ….. ].

b. Kutipan tidak lansung ( Kutipan Isi )
Dalam kutipan tidak langsung kita hanya mengambil intisari pendapat yang kita kutip.Kutipan tidak langsung ditulis menyatu dengan teks yang kita buat dan tidak usah diapit tanda petik.Penyebutan sumber dapat dengan sistem catatan kaki,dapat juga dengan sistem catatan langsung ( catatan perut ) seperti telah dicontohkan.
d. Kutipan pada catatan kaki
e. Kutipan atas ucapan lisan
f. Kutipan dalam kutipan
g. Kutipan langsung pada materi

  • Teknik Penulisan Kutipan
  1. Kutipan yang panjangnya kurang dari empat baris dimasukkan dalam teks,

* Diketik seperti ketikan teks

* Diawali dan diakhiri dengan tanda petik ( ” )

* Sumber rujukan ditulis langsung sebelum atau sesudah teks      kutipan

* Rujukan ditulis diantara tanda kurung, dimulai dengan nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka, tanda koma, tahun terbitan, titik dua, spasi dan diakhiri dengan nomor halaman ( Penulis Tahun : Halaman ).

2.    Kutipan yang terdiri dari empat baris atau lebih

* Diketik satu spasi

* Dimulai tujuh ketukan dari batas tepi kiri

* Sumber rujukan ditulis langsung sebelum teks kutipan

* Apabila pengutip memandang perlu untuk menghilangkan beberapa bagian kalimat, pada bagian itu diberikan sebanyak tiga buah.

* Bila pengutip ingin menghilangkan satu kalimat atau lebih, maka pada bagian yang dihilangkan tersebut diganti dengan titik –  titik sepanjang satu baris.

* Apabila pengutip ingin memberi penjelasan atau menggsarisbawahi bagian yang dianggap penting, pengutip harus memberikan keterangan. Keterangan tersebut berada diantara tanda kurung.

B. Daftar Pustaka

  • Pengertian

Definisi daftar pustaka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daftar yang mencantmkan judul buku, nama pengarang, penerbit dsb yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau bku dan disusun berdasarkan abjad. Daftar sendiri didefinisikan sebagai catatan sejumlah nama atau hal yang disususn berderet dari atas ke bawah.

  • Unsur –  unsur daftar pustaka

* Penulis : Mencakup penulis utama, pendamping (bila ada) daneditor (bila ada). Nama penulis umumnya terdiri dari 3 bagian: nama sendiri (given name), nama tengah (middle name),nama keluarga (family name). Cara penulisannya dalam daftarpustaka adalah dengan menyebutkan nama keluarga terlebihdahulu

* Judul : Ditulis secara lengkap, dengan nomor edisi bila ada

* Fakta-fakta penerbitan : Mencakup kota tempat penerbitanbuku itu, nama enerbit dan tahun penerbitanPenyusunan

  • Cara Penulisan Daftar Pustaka

 * Penulis perorangan : nama penulis (disusun balik),tahun terbit, judul buku (cetak miring ataugarisbawahi), edisi dan volume, nama penerbit,tempat penerbit (kota), halaman yang dibaca.

* Kumpulan karangan beberapa penulis dengan editor :nama penulis (disusun balik), tahun terbit, judulkarangan . Bab diikuti kata “dalam” atau “in”, judulbuku (cetak miring atau garisbawahi), nama editor,edisi, nama penerbit, tempat penerbit (kota).

*  Buku yang ditulis/dibuat oleh lembaga : namalembaga, tahun terbit, judul buku (cetak miring ataugarisbawahi), edisi dan volume, nama penerbit,tempat penerbit (kota), halaman yang dibaca

* Buku terjemahan : nama penulis (disusun balik),tahun terbit, judul buku (cetak miring ataugarisbawahi), penerjemah, nama penerbit, tempatpenerbit (kota), halaman yang dibaca

* Artikel yang disusun oleh penulis : nama penulis(disusun balik), tahun terbit, judul artikel, namamajalah/jurnal (cetak miring atau garisbawahi),volume majalah/jurnal diikuti tanda “:”, halamanyang dibaca

* Artikel yang disusun oleh lembaga : nama lembaga,tahun terbit, judul artikel, nama majalah/jurnal (cetakmiring atau garisbawahi), volume majalah/jurnaldiikuti tanda “:”, halaman yang dibaca.

Kelompok makalah yang dipresentasikan dalamseminar/konferensi/simposium : nama penulis(disusun balik), tahun penyajian, judul makalah,nama forum penyajian (cetak miring ataugarisbawahi), kota, bulan dan tanggal penyajian

*  Kelompok disertasi/tesis : nama penulis (disusunbalik), tahun terbit, judul disertasi/thesis (ceta miringatau garisbawahi), tempat penerbitan (kota),universitas, kata “disertasi” atau “tesis”Cara

* Kelompok makalah / informasi dari Internet (apabilaada nama penulis) : nama penulis (disusun balik), tahunpenyajian, judul makalah / informasi, alamat Internet

*  Kelompok makalah / informasi dari Internet (apabilatidak ada nama penulis) : nama lembaga yang menulis,tahun penyajian, judul makalah / informasi, alamat Internet

  • Contoh Daftar Pustaka :

# Majalah atau Jurnal :


Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor , XX (4): 57-61.

# Antologi :

Kartodirjo, Sartono. 1977. “Metode Penggunaan Dokumen”.Dalam Koentjaraningrat (Ed.). 1980. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

# Makalah  :

Kuncoro, T. 1996. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Malang Jurusan Bangunan, Program Studi Bangunan Gedung: Suatu Studi Berdasarkan Kebutuhan Dunia Usaha Jasa Konstruksi . Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS IKIP MALANG.

* Dari www

Hasibuan, Rusli. “Menanam Jengkol di Bukit Kapur.” http://www.duniatani.or.id/riset/rusli/palawija_jengkol.html (diakses tanggal 12 Juni 2003)

* Dari file transfer protocol (kutipan yang diunduh melalui FTP)

Johnson-Eilola, Jordan. “Little Machine: rearticulating Hypertext Users.” FTP deadalis.com/pug cccc95/Johnson-eilola (diakses tanggal 10 Februari 1996

* Dari surat elektronik (Ratron / email)

Rahman, Afif. “Proposal Buku Sekolah Murah Meriah.” afif-r23@dodols.com (diakses tanggal 22 September 2009)

#Buku :

Soekirno, Harimurti ( 2005). Cara Mudah Menginstall Web Server Berbasis Windows Server 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo.

About these ads

About Nia

Namaku Nia Fadila Rizki dan aku biasa dipanggil Nia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s