Posted on

Ditipu Agen

Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Seperti konflik yang satu ini, anda mungkin sudah pernah mendengar kasus TKW indonesia yang ditipu oleh para Agen yang tidak bertanggung jawab terhadap para pekerjanya. Mungkin saya tidak pernah merasakan hal ini, jadi saya hanya bisa melihat kasus ini disekitar lingkungan saya saja. Konfik antara pekerja dan agen ini bukan hal pertama  yang saya dengar tetapi berdasarkan keterangan korban, ia merasa ditipu oleh agen dan majikannya diluar negri.

Saat bekerja diuar negri ia selalu bekerja dengan baik, bahkan berdasarkan keterangannya ia banyak mendapatkan tips. Saat disana ia sempat membeli sebuah handphone. Saat itu majikannya menyuruh dia untuk menyerahkan semua tips yang ia dapatkan dan  handphonenya, kata sang majikan biar disimpan dulu nanti ketika kamu kan kembai ke Indonesia semuanya akan dikembalikan. Tetapi setelah masa kontraknya habis, ia kembali keIndonesia, sebelum kembai ke Indonesia si pekerja diberikan gaji sesuai dengan yang sudah ada didalam surat kontrak, dan hal itu dilakukan saat beberapa menit pesawat akan berangkat, saat itu si pekerja mencoba bertanya tentang tips dan handphonenya, tetapi sang majikan menyuruh cepat berangkat dengan aasan pesawat akan berangkat. Sesampainya si pekerja di Indonesia, saat ia membuka amplop gajinya ternyata hasil yang ia terima tidak sesuai dengan yang sudah diperhitungkannya, ia hanya mendapatkan 60% dari gaji yang seharusnya ia dapatkan, padahal seingat dia didalam surat perjanjian gaji bulan pertama dan kedua diberikan kepada agen, ya itu sudah diperhitungkanya, tetapi ia tidak bisa menerima ha ini, konflik ini terjadi.

Saat si pekerja mendatangi agen yang memberangkatkannya, seolah – olah agen mengelak, dan mengatakan itu sudah benar, memang segitu gaji yang harus kamu terima, begitu keterangan dari majikan kamu.

Saat itu korban mengeluh kalau memang harus ada potongan kenapa uang tips dan handphonenya tidak dikembalikan, sebenarnya si pekerja ingin memperkarakan kasus ini tapi, tetapi  ia tidak mau karena ia hanya menganggap ini adalah pelajaran hidup yang harus ia terima.

Mungkin dalam kasus ini keputusan yang tepat untuk pekerja adalah tidak bekerja lagi dinegri orang, solusinya sebaiknya bekerja di Indonesia saja.

About Nia

Namaku Nia Fadila Rizki dan aku biasa dipanggil Nia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s