Posted on

KEAMANAN INTERNET BANKING MANDIRI

Bank

Electronic Banking adalah aktifitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah untuk dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui media internet, khususnya via web. Cara penggunaannya mirip dengan penggunaan mesin ATM, dengan media internet nasabah dapat melakukan pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya.

Sebagai contoh disini saya mengambil contoh internet banking yang ada di Bank Mandiri, untuk masalah perlindungan anda bisa melihat dan membaca informasi yang ada dibawah ini :

  • Pastikan Anda telah mengetik situs Internet Banking Mandiri dengan benar, yakni : www.bankmandiri.co.id, dengan hari, tanggal dan jam yang tertera benar. Untuk menghindari kesalahan pengetikan nama situs Bank Mandiri, Anda dapat memasukkan alamat situs tersebut ke dalam menu Favorites (jika Anda menggunakan browser Internet Explorer) atau menu Bookmarks (jika Anda menggunakan browser Netscape Communicator).
  • Pastikan bahwa halaman internet banking yang Anda kunjungi merupakan milik Bank Mandiri, pada browser Anda menampilkan tulisan http://www.bankmandiri.co.id pada field address dan pada saat Anda telah meng-klik tombol Login field address akan menampilkan tulisan https://ib.bankmandiri.co.id.
  • Selain itu pastikan bahwa pada saat Anda Login dipojok kanan bawah terdapat gambar gembok yang akan menandai bahwa Anda memasuki daerah yang aman. Untuk meyakini bahwa Anda Login pada server Internet Banking Mandiri, Anda dapat melihat Certificate Authority milik Bank Mandiri dengan cara meng-klik gambar gembok kunci di kanan bawah. Apabila tidak terlihat gambar gembok segera log out, selanjutnya Anda dapat melakukan Login kembali.
  • Untuk keamanan Anda Bank Mandiri akan mengirimkan secara terpisah antara Access ID dengan Access PIN. Access ID akan dikirimkan melalui e-mail Nasabah, sementara Access PIN diambil di cabang tempat Anda mendaftar dalam bentuk PIN mailer.
  • Pastikan bahwa komputer yang akan digunakan untuk masuk ke situs Internet Banking Mandiri dalam kondisi tidak terkena virus.

Selain itu untuk melakukan transaksi di internet anda juga tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk menjamin keamanan bertransaksi di Internet Banking Mandiri :

  • User ID dan PIN merupakan suatu hal yang rahasia, jangan beritahukan PIN sebagian atau seluruhnya kepada orang lain, bahkan karyawan cabang atau petugas customer care Bank Mandiri sekalipun
  • Jika Nasabah menduga/mengira adanya orang yang tidak berwenang mengetahui akan PIN Anda, segera ubah PIN dan laporkan hal ini ke cusomer care Bank Mandiri
  • Jangan meninggalkan komputer pada saat masih log on, lakukan logout setiap meninggalkan komputer meskipun hanya sebentar, dan setelah selesai seluruh transaksi selalu lakukan log out meskipun komputer tersebut milik Anda pribadi di rumah
  • Jangan membuat PIN yang merupakan angka : tanggal lahir, nomor telphone rumah, nomor kenderaan dan lain-lain yang mudah untuk diingat/ditebak orang lain
  • Jangan membuat PIN yang merupakan urutan angka, contoh : 123456
  • Jangan membuat PIN yang merupakan pengulangan satu angka, contoh : 111111
  • Jangan mencatat PIN ditempat yang orang lain bisa membacanya, contoh : agenda, kalender
  • Jangan membuat PIN yang merupakan pengulangan dari User ID
  • Baca kembali instruksi Anda di layar konfirmasi sebelum PIN dimasukkan, dan instruksi teruskan di klik, hal ini untuk menghindari kesalahan nomor rekening, nomor refrensi dan jumlah yang Anda inginkan
  • Catat nomor transaksi atas transaksi yang telah Anda lakukan

Sumber :

http://www.bankmandiri.co.id

About Nia

Namaku Nia Fadila Rizki dan aku biasa dipanggil Nia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s