Posted on

SISTEM INTERNET BANKING MANDIRI

Perkembangan teknologi membawa banyak kemajuan untuk dunia perbankan. Salah satu fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah saat ini adalah internet banking, dimana proses transaksi bisa dilakukan dengan akses internet. Dengan adanya fasilitas ini akan memudahkan kita untuk melakukan transaksi tanpa perlu membuang waktu dan tenaga untuk mengunjugi sebuah bank.

Salah satu bank yang telah menyediakan fasilitas internet banking adalah Bank Mandiri atau disebut Internet Banking Mandiri. Disini anda bisa menikmati mudahnya bertransaksi tanpa perlu khawatir dengan keamanan dan kerahasiaan data pribadi dan keuangan pribadi anda, karena pihak Bank Mandiri sendiri akan menjaga kerahasiaan identitas dan semua informasi keuangan Nasabahnya. Untuk menjaga komitmen jaminan keamanan dan kerahasiaan data pribadi, keuangan dan transaksi Nasabahnya, Internet Banking Mandiri menggunakan beberapa sistem yang melindungi informasi rekening dan data Nasabah :

  1. User ID dan PIN (Personal Identification Number), merupakan kode rahasia dan kewenangan penggunaan yang diberikan kepada Nasabah, yaitu setiap kali login ke Internet Banking Mandiri Nasabah harus memasukkan User ID dan PIN, dan untuk transaksi yang bersifat finansial, Nasabah harus memasukkan kembali PIN untuk menghindari penyalahgunaan oleh orang lain saat komputer ditinggalkan dalam keadaan terhubung dengan Internet Banking Mandiri.
  2. Automatic log out, jika tidak ada tindakan yang dilakukan lebih dari 10 menit, Internet Banking secara otomatis akan mengakhiri dan kembali ke menu utama.
  3. SSL 128-bit encryption, seluruh data di Internet Banking Mandiri dikirimkan melalui protocol Secure Socket Layer (SSL), yaitu suatu standar pengiriman data rahasia melalui internet. Protocol SSL ini akan mengacak data yang dikirimkan menjadi kode-kode rahasia dengan menggunakan 128-bit encryption, yang artinya terdapat 2 pangkat 128 kombinasi angka kunci, tetapi hanya satu kombinasi yang dapat membuka kode-kode tersebut.
  4. Firewall, untuk membatasi dan menjamin hanya Nasabah yang mempunyai akses untuk dapat masuk ke sistem Internet Banking Mandiri.

Menurut saya sistem yang digunakan oleh bank madiri sangat baik, dalam hal keamanan pun sudah baik karena dengan sistem yang digunakan tersebut pihak bank benar – benar sudah dapat menjaga kerahasiaan data informasi tentang nasabah – nasabahnya.

Sumber :

http://www.bankmandiri.co.id

About Nia

Namaku Nia Fadila Rizki dan aku biasa dipanggil Nia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s