Posted on

PERLINDUNGAN UNTUK SEORANG IT

PERLINDUNGAN UNTUK SEORANG IT

 

  • Pengertian Etika dan Profesionalisme

 

Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia.

 

Profesionalisme berasal dari kata profesi. Profesi adalah keahlian yang didapat dari pendidikan. Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa profesi adalah jabatan seseorang. Sedangkan profesional adalah seseorang yang ahli dalam bidangnya. Profesionalisme adalah pelaksanaan tugas dan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan yang rumit dari klien, yang mencakup pengambilan keputusan dengan kemungkinan akibat yang luas bagi masyarakat.

 

 

  • Pentingnya Etika dan Profesionalisme

Tentunya semua orang harus mengikuti etika yang ada dalam profesinya dan harus memiliki sifat profesionalisme dalam melaksanakan semua kewajiban pekerjaannya tersebut. Orang yang benar – benar ahli dalam bidangnya atau bisa dikatakan tenaga profesional harus dilindungi dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab  yang akan merugikan mereka. Selain itu juga memberi pedoman bagi anggota asosiasi dalam aspek-aspek etika dan moral, terutama yang berada di luar jangkauan hukum, undang-undang dan peraturan-peraturan yang berlaku.

 

  • Norma Yang Berlaku Dalam Etika dan Profesionalisme

Norma adalah prinsip yang ada didalam sebuah organisasi. Prinsip‐prinsip umum yang dirumuskan dalam suatu profesi akan berbeda satu dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan perbedaan adat, kebiasaan, kebudayaan, dan peranan tenaga ahli profesi yang didefinisikan dalam suatu negara tidak sama.

Adapun yang menjadi tujuan pokok dari rumusan etika yang dituangkan dalam kode etik (Code of conduct) profesi adalah:

1.    Standar‐standar etika menjelaskan dan menetapkan tanggung jawab terhadap klien, institusi, dan masyarakat pada umumnya

2.    Standar‐standar etika membantu tenaga ahli profesi dalam menentukan apa yang harus mereka perbuat kalau mereka menghadapi dilema‐dilema etika dalam pekerjaan.

3.    Standar‐standar etika membiarkan profesi menjaga reputasi atau nama dan fungsi‐fungsi profesi dalam masyarakat melawan kelakuan‐kelakuan yang jahat dari anggota‐anggota tertentu.

4.    Standar‐standar etika mencerminkan / membayangkan pengharapan moral‐moral dari komunitas, dengan demikian standar‐standar etika menjamin bahwa para anggota profesi akan menaati kitab UU etika (kode etik) profesi dalam pelayanannya.

5.    Standar‐standar etika merupakan dasar untuk menjaga kelakuan dan integritas atau kejujuran dari tenaga ahli profesi.

6.    Perlu diketahui bahwa kode etik profesi adalah tidak sama dengan hukum (atau undang‐undang). Seorang ahli profesi yang melanggar kode etik profesi akan menerima sangsi atau denda dari induk organisasi profesinya.

 

Etika yang harus dimiliki seorang IT adalah seorang IT harus mempunyai etika yang membangun. Maksud dari membangun disini adalah seorang IT mempunyai keahlian yang luar biasa dalam membuat aplikasi tetapi dengan keahlian mereka tersebut mereka juga bisa membuat sesuatu yang menghancurkan perusahaan seperti virus, worm. Penyalahgunaan lain juga bisa seperti menjual data perusahaan untuk mendapatkan uang, memanipulasi data seperti memperbesar gaji, dll. Etika dan profesionalisme TSI diterapkan pada saat para IT profesional ini melakukan kegiatannya yang ditujukan khusus kepada setiap individu Software Engineer sebagai salah satu bidang yang perannya makin meningkat di IT.

 

 

Sumber :

–          http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=pengertian%20etika%20dan%20profesionalisme&source=web&cd=2&ved=0CC8QFjAB&url=http%3A%2F%2Fmkusuma.staff.gunadarma.ac

–          http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=mengapa%20etika%20dan%20profesionalisme&source=web&cd=1&sqi=2&ved=0CB8QFjAA&url=http%3A%2F%2Fnelly_sofi.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F5819%2FMateri%2B2.doc&ei=pK9kT_3qO47RrQfQmsG8Bw&usg=AFQjCNHX6VxEig3TJLWQKOIheFDuTiUjDQ

–          http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=mengapa%20etika%20dan%20profesionalisme&source=web&cd=3&sqi=2&ved=0CC0QFjAC&url=http%3A%2F%2Fmkusuma.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F11837%2FW01-Pengertian%2BEtika.pdf&ei=pK9kT_3qO47RrQfQmsG8Bw&usg=AFQjCNH9Xb7rGEsiz3QHIjry3iLY-zThjw

About Nia

Namaku Nia Fadila Rizki dan aku biasa dipanggil Nia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s